Friday, October 3, 2014

Sentences Chain, Memory Game.

Hi, sobat.. Kali ini kami ingin berbagi lagi sebuah ide bermain Game Bahasa Inggris yang bisa anda pakai di kelas anda. Game ini bernama "Sentences Chain". Game ini bertujuan untuk melatih anak dalam membuat kalimat dan melatih daya ingat anak. Sangat menarik bukan?

Nah, inilah langkah-langkahnya.

Game ini dimainkan secara individu, jadi anda tidak perlu membagi kelas menjadi kelompok.
Pertama, mintalah anak di barisan depan (anda bisa memulai dari sudut paling kanan atau kiri di kelas anda) untuk membuat sebuah kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris. Kalimat ini bisa anda sesuaikan dengan materi yang sedang anda sampaikan. Misalnya, Simple Present Tense.

Katakanlah Siswa A membuat kalimat "I always get up at 5 O'clock". Kemudian, minta siswa di sebelahnya (siswa B) untuk mengulang kalimat siswa A lalu membuat kalimatnya sendiri. "He always gets up at 5 o'clock and I always take a bath".

Setelah itu, lanjutkan dengan siswa C yang duduk di sebelah siswa B, dengan perintah yang sama dia harus mengulangi kalimat siswa A dan B lalu membuat kalimatnya sendiri, "He always gets up at 5 o'clock, she always takes a bath and I usually eat bread"

Lanjutkan permainan ini sampai akhirnya seorang siswa tidak bisa mengingat lagi kalimat yang disampaikan oleh teman-temannya sebelumnya. Kemudian, hitunglah berapa kalimat yang bisa dihitung olehnya. Lalu, mulailah lagi permainan ini sampai semua siswa di kelas mengucapkan kalimat yang ia buat seendiri.

Siswa yang paling banyak mengingat kalimat adalah pemenangnya alias pemegang rekor. Pada pertemuan selanjutnya anda bisa mengulang lagi permainan ini dengan tema yang berbeda dan bersiaplah untuk mencari pemecah rekor selanjutnya..

Selamat mencoba!!

 

Artikel Terkait