Monday, April 7, 2014

Belajar Bahasa Inggris Yang Mudah Dan Gratis

Banyak orang bertanya, “Apakah ada cara yang bisa membantu kita dalam belajar bahasa Inggris dengan mudah?”, begitu banyak pertanyaan seperti itu, namun tak ada jawaban yang tepat dan jelas. Sebenarnya ada banyak cara untuk belajar bahasa Inggris dan menguasainya secara mudah dan tentunya gratis.
Pada artikel ini, saya akan mencoba membantu dan menunjukkan beberapa tips dan teknik untuk membantu anda belajar secara mudah dan efektif.

  1. Yang pertama adalah, anda harus memiliki niat dan keniginan yang besar untuk mempelajarinya. Menurut pendapat saya, ini adalah langkah pertama yang paling penting karena jika anda tidak memilikinya, maka apa yang akan anda pelajari ke depan adalah “NOTHING” alias NOL BESAR..
  2. Langkah kedua adalah tetaplah memotivasi diri anda untuk belajar dan belajar sebanyak mungkin yang anda bisa dan lakukan. Anda harus selalu betanya, “Mengapa saya harus belaar Bahasa Inggris?”, “Apa gunanya untuk saya?”, “Suatu saat, saya pasti bisa berbicara selancar orang lain..”, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang selalu memotivasi diri anda untuk terus melanjutkan belajar anda dengan mudah.
  3. Langkah yang ketiga adalah, fahamilah keuntungan dari mempelajari Bahasa Inggris dan bagaimana Bahasa Inggris bisa menguntungkan anda. Dengan menguasainya secara baik, Bahasa Inggris akan sangat membantu anda meningkatkan kemampuan atau skill di bidang-bidang yang lain dalam kehidupan anda. Dengan mempelajari Bahasa Inggris akan membantu pula dalam berkomunikasi dengan setiap orang dari berbagai penjuru dunia. Menarik bukan?
  4. Buatlah keputusan dan belajarlah dengan segera...bukankah pepatah mengatakan “Penangguhan atau penundaan adalah pencuri waktu”, jadi jika anda ingin mempelajari Bahasa Inggris, anda harus beraksi sekarang dan jangan lagi menengok ke belakang.
  5. Cari dan temukan cara yang terbaik, mudah dan jika memungkinkan gratis. Di era internet ini, Anda bisa temukan banyak situs yang bisa membantu anda belajar secara gratis.
  6. Belajar Bahasa Inggris secara online sekarang menjadi lebih mudah dari pada sebelumnya. Anda bisa mengikuti pembelajarannya secepat mungkin, bisa melalui chatting dengan native speaker, mendengarkan mereka, berbicara dengan mereka, dan meminta mereka untuk mengkoreksi kesalahan anda. Anda bisa membuat hubingan yang baik dengan pembelajar lain dari seluruh penjuru dunia dan mulai mempraktekkan Bahasa Inggris anda dengan mereka. Saya rasa, itu adalah salah satu metode yang paling baik dalam belajar secara online terutama jika anda takut membuat kesalahan di depan banyak orang  di sekitar anda. Anda bisa bergabung dengan grup chatting pada sosial media seperti Facebook atau Twitter dan berdiskusi topik apapun yang anda inginkan. Jangan lupa meminta mereka mengkoreksi kesalahan anda.
  7. Dengarkanlah radio online atau ikutilah berita online untuk mempraktekkan Bahasa Inggris anda dan membiasakan diri mendengarkan secara langsung penutur asli Bahasa Inggris. Setelah itu, cobalah meniru mereka semirip mungkin dan ulangilah apa yang anda dengar dengan teman-teman atau keluarga anda.  Yang harus anda lakukan adalah mencari materi listening di internet dan anda akan tahu betapa banyaknya referensi yang bisa membantu anda belajar Bahasa Inggris. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk online,maka anda bisa menggunakan podcast atau mendownload  materi listening untuk anda degarkan kapanpun dan di manapun anda berada. Anda bisa mem-pause audionya ketika menemukan kosakata baru dan mencatatnya di buku anda. Ada banyak situs yang menawarkan podcast dengan disertai penjelasan tentang topik atau kosakata tertentu sehingga mempermudah anda untuk memahaminya.
Nah, itu tadi beberapa tips yang anda bisa gunakan untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris anda. Keep practicing your English as you go...

Sampai jumpa di topik menarik yang akan datang. Selamat belajar dan bersiaplah untuk masuk ke komunitas dunia dengan Bahasa Inggris anda...

Artikel Terkait