Friday, September 5, 2014

JEOPARDY GAME, PERMAINAN UNTUK PEMBELAJARAN READING


Bagi kebanyakan siswa, kegiatan membaca memang masih menjadi sesuatu yang membosankan. Jangankan membaca teks Bahasa Inggris, membaca teks dalam Bahasa Indonesia saja kurang disenangi. Sehingga tak heran pada pembelajaran kompetensi reading seringkali siswa mengalami kebosanan dan akhirnya tujuan dari kegiatan tersebut juga tidak tercapai.

Nah, untuk itulah pada posting kali ini kami ingin berbagi ide game dalam pembelajaran kompetensi Reading Bahasa Inggris. Diharapkan dengan memainkan game ini, kegiatan reading di kelas tidak lagi berjalan datar dan bahkan membosankan tetapi menjadi lebih menyenangkan. Sehingga siswa tidak lagi merasa malas dalam kegiatan ini. Bahkan mereka akan termotivasi untuk memahami teks yang kita ajarkan.

Baiklah, sobat.. Sebelum permainan ini kita laksanakan kita perlu mempersiapkan beberapa hal yaitu:
  • Teks Reading yang akan dipelajari.
  • Sejumlah kertas yang telah dipotong ukuran 5 x 10 cm (jumlahnya tergantung berapa pertanyaan yang akan anda berikan pada siswa).
  • Double tip untuk merekatkan potongan kertas di papan tulis.
Nah, kalau bahan itu sudah siap semua maka langkah berikutnya adalah membagi kelas ke dalam beberapa kelompok.
Setelah kelompok terbentuk, maka mintalah siswa untuk membaca teks yang sudah disiapkan. Anda bisa menyuruh beberapa siswa untuk membaca dengan suara keras.

Kemudian, ajaklah siswa untuk memahami bersama-sama teks tersebut. Akan tetapi, kegiatan ini bisa dilewatkan jika kondisi siswa kita sudah memiliki kemampuan yang baik dalam pemahaman bacaan dan tidak membutuhkan banyak penjelasan tentang isi teks.

Setelah itu, berikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan seputar teks tersebut kepada anda, dan jika tidak ada lagi yang ditanyakan maka permainan Jeopardy inipun siap untuk dilaksanakan. Sekali lagi, kegiatan ini bisa anda lewatkan melihat kondisi dan kemampuan siswa anda.
Illustrasi susunan pertanyaan dan skor 

Tata cara bermain:

  1. Siapkan sejumlah pertanyaan tentang bacaan itu yang ditulis pada potongan kertas tadi. Mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Pertanyaan itu bisa dikelompokkan menjadi 3 - 5 jenis. Misalnya : Vocabulary, Reading Comprehension, Inference, Grammar dan sebagainya. (sebaiknya pertanyaan-pertanyaan itu anda persiapkan di rumah)
  2. Sampaikan bahwa untuk tiap-tiap pertanyaan mempunyai bobot nilai yang berbeda. Untuk     pertanyaan yang paling mudah akan mendapat skor yang terkecil dan pertanyaan yang paling sulit akan mendapat skor tertinggi.
  3. Lalu tempelkan potongan kertas yang berisi pertanyaan tersebut di papan tulis dalam keadaan terbalik sehingga pertanyaannya tidak bisa dibaca oleh peserta. Jangan lupa untuk menulis kelompok pertanyaan di atas papan tulis.
  4. Setelah semua tertempel, sekarang berikan kesempatan kepada Grup A untuk memilih pertanyaan. Mereka diberi kebebasan untuk memilih berdasarkan jenis pertanyaan atau tingkat kesulitan dari pertanyaan. Misalnya, mereka memilih pertanyaan berjenis Grammar dengan nilai skor 50 dsb.
  5. Apabila bisa menjawab dengan benar maka mereka berhak mendapat nilai yang sudah ditentukan. Jika jawabannya salah maka nilainya dikurangi sesuai dengan skor yang sudah ditentukan tadi, lalu pertanyaan itu bisa dialihkan kepada grup lain.
  6. Selanjutnya, permainan dilanjutkan sampai semua pertanyaan terjawab.
Tantangan dari permainan ini adalah siswa harus berani berspekulasi, jika mereka ingin mendapat skor yang tinggi maka mereka harus berani memilih pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Tapi, dengan satu resiko kalau mereka gagal menjawab secara benar maka nilai mereka pun akan dikurangi sejumlah skor pada pertanyaan tersebut.

Bisa jadi kelompok yang tadinya unggul skornya, tiba-tiba skornya dilewati oleh kelompok yang lain karena tidak bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Nah, demikian tadi tata cara permainan Jeopardy..Kurang lebihnya minta maaf, Selamat mencoba dan bersiap-siaplah menghadapi suasana baru yang lebih menyenangkan di kelas anda..




Post a Comment
Back to Top